Service Printer Tips dan Informasi

Cara Mengatasi Kertas Tersangkut / Paper Jam

Sering kali ketika tugas datang bersamaan dengan deadline yang cukup membuat otak kita tegas untuk beraktifitas akan memicu stres secara cepat. Belum ditambah dengan printer yang kertasnya tersangkut pada saat pertengahan proses cetak. Pasti Menyebalkan ?!

Jangan panik, tetap tenangkan pikiran Anda, ambil waktu beristirahat sejenak, tarik napas dalam-dalam kemudian keluarkan secara perlahan. Jika sudah coba tersenyum… Relax kan ? ^_^

Disini penulis akan memberikan langkah-langkah mengatasi Paper Jam (Kertas tersangkut), berikut langkah-langkah :

  1. Matikan printer dan cabut kabel power
  2. Jika printer inkjet, singkirkan cartridge ke tepi agar tidak terkena kertas
  3. Jika printer laserjet, ambil dan lepas cartridge terlebih dahulu
  4. Tarik kertas perlahan, usahakan jangan ada kertas yang tersisa
  5. Pastikan sudah tidak ada kertas yang tersangkut didalam
  6. Jangan lupa pasang kembali untuk cartridge laserjet 
  7. Pasang kembali kabel power
  8. Hidupkan printer dan coba untuk print

Langkah-langkah di atas merupakan solusi sederhana mengatasi paper jam. Tetapi memang ada kendala kertas nyangkut dan tidak dapat diambil. Jangan coba-coba untuk menarik paksa kertas tersebut, karena akan membuat komponen dalam printer patah atau bermasalah.

Jika kertas tidak dapat diambil segera hubungi service printer terdekat atau yang telah berpengalaman. Penanganan di atas hanya diperuntukkan kertas yang dapat diambil dengan mudah. Karena jika kertas sudah tersangkut hingga ke pemanas printer untuk printer laserjet, harus ada penanganan khusus dari teknisi service printer yang berpengalaman.

Selalu gunakan kertas yang layak. Bagaimana kertas yang layak ? Kertas baru atau kertas bekas yang tidak kusut, tidak ada bekas staples ataupun ada bagian yang sobek. Perhatikan selalu perawatan printer Anda.

Selalu gunakan kertas yang layak. Bagaimana kertas yang layak ? Kertas baru atau kertas bekas yang tidak kusut, tidak ada bekas staples ataupun ada bagian yang sobek. Perhatikan selalu perawatan printer Anda.

Kunjungi Ahli Service Printer untuk perawatan printer yang lebih awet. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya