Tips dan Informasi

Cara Merawat Cartridge Standard atau CISS

Ada 2 jenis printer INKJET yaitu printer inkjet dengan cartridge standart dan printer inkjet dengan cartridge CISS ( Continuous Ink Supply System ). Printer inkjet yang menggunakan cartridge CISS ini biasa disebut printer infus atau modifikasi. Perawatan pada kedua jenis printer pastinya berbeda. Mari kita ulas lebih lanjut…

Cara merawat printer inkjet yang baik :

1. Gunakan printer secara teratur. Lakukan proses cetak minimal 3 hari sekali. Fungsiya agar head tidak mudah kering.

2. Apabila hasil kurang bagus seperti garis-garis atau putus- putus, cobalah untuk melakukan Head Cleaning pada Maintenance terlebih dahulu. Atau langsung bawa ke Pusat Isi Ulang Tinta untuk cek lebih lanjut.

3. Jangan paksa proses printing dengan merubah setingan HIGH ketika hasil kurang bagus. Karena jika kondisi tinta tinggal sedikit akan mempercepat kerusakan pada head.

4. Jika melakukan pengeprintan dalam jumlah banyak, beri jeda setelah print 20 lembar usahakan untuk printer istirahat setidaknya 1 menit jika penggunaan untuk text biasa. Tetapi jika penggunaan untuk gambar apalagi full kertas setelah 10 lembar setidaknya printer istirahat sekitar 1 menit.

5. Tutup bagian tray kertas ketika printer tidak digunakan. Bisa menggunakan penutup kain juga, usahakan tidak ada lubang yang terbuka untuk memungkinkan benda asing (debu atau kotoran lain) yang bisa mengganggu kinerja printer.

6. Gunakan selalu tinta kualitas premium atau spesifikasi original untuk merawat head agar lebih awet.

7. Pastikan Anda menggunakan Jasa Isi Ulang Tinta yang Tepat untuk perawatan printer dan cartridge Anda.

8. Jika terjadi Paper Jam (kertas nyangkut), matikan printer terlebih dahulu dan ambil kertas yang tersangkut tadi. Kemudian baru hidupkan dan coba proses cetak kembali

9. Gunakan kertas dengan kondisi yang masih layak pakai ; tidak kusut, tidak ada staples atau bekas staples.

Khusus printer dengan cartridge CISS :

10. Sebelum printer dinyalakan untuk proses cetak buka terlebih dahulu bagian penutup atas tabung. Khusus printer Epson yang sudah modifikasi resmi biasanya ada arah panah yang bisa diputar pada tabung, untuk arah panah ke atas itu artinya printer sedang digunakan. Tujuannya agar terjadi sirkulasi untuk aliran tinta pada selang modifikasi sehingga tidak mudah masuk angin.

11. Ketika printer sudah tidak digunakan, setelah printer dimatikan tutup kembali bagian penutup atas tabung. Penulis sampaikan kembali, khusus untuk Epson yang sudah modifikasi resmi putar arah panah ke bawah pada tabung. Itu artinya printer sedang tidak digunakan.

12. Usahakan posisi tinta tidak kurang dari 25% dari kapasitas tabugn. Hal itu dikarenakan akan mempengaruhi aliran tinta dan hasil cetak printer. Kemungkinan terburuk adalah printer masuk angin (aliran tinta tidak lancar).

13. Gunakan selalu tinta standart original dan jangan ganti-ganti merk tinta. Partikel setiap merk tinta berbeda-beda dan itu akan membuat head gampang buntu sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Jika terjadi kendala lebih lanjut yang belum Anda pahami, Anda bisa segera bawa ke Jasa Servis Printer Surabaya – Sidoarjo.

Atau Anda juga bisa menghubungi Customer Service karena Service printer panggilan tersebut melayani pengecekan GRATIS di tempat.