Refill Tinta Printer Tips dan Informasi

Jenis Tinta Printer – Pigment VS Dye

Tahukan Anda jenis tinta printer yang digunakan ?

Sebagai pengguna printer kita perlu mengetahui jenis tinta yang kita gunakan demi menunjang hasil cetak. Ada beberapa jenis tinta di dunia percetakan, namun yang akan kita bahas lebih dalam adalah Tinta Pigment dan Tinta Dye.

Tempat isi ulang tinta printer biasanya juga menyediakan 2 jenis tinta ini, yaitu Pigment dan Dye. Terkhusus untuk printer yang bukan Modifikasi resmi kebanyakan selalu menggunakan jenis tinta dye. Berikut Pembahasan lebih lanjut antara Jenis Tinta Pigment dan Dye :

Tinta Pigment

  • Adalah jenis tinta yang mempunyai sifat tidak mudah larut ketika terkena air. Jenis tinta pigment memiliki partikel yang besar dan saat digunakan, tinta ini tidak masuk atau meresap pada kertas melainkan menempel diatas permukaan kertas. Variant warna dari tinta pigment lebih sedikit dibandingkan tinta dye.

  • Sifat lain yang dimiliki tinta pigment adalah lebih kental sehingga pada saat proses printing hasil cetaknya lebih lama kering. Selain itu, karena kekentalannya memungkinkan seringnya penyumbatan pada head jika pemakaian printer jarang. Sehingga kami sarankan untuk melakukan perawatan dengan print minimal 3 hari sekali (tidak perlu block full, hanya sedikit teks saja sudah cukup).
  • Jenis Tinta Pigment lebih cocok digunakan untuk hasil cetak teks atau dokumen penting seperti akta tanah, ijazah dan surat penting lainnya. Tinta Pigment juga lebih tahan lama terhadap cuaca bila dibandingkan tinta Dye dan ketebalan partikelnya yang membuat warna dari tinta pigment ini lebih solid.

Tinta Dye

  • Adalah tinta yang berbahan dasar Air. Karena bahan dasar tadi tentunya tinta dye mudah larut jika terkena air. Serta ketika digunakan untuk kebutuhan cetak pastinya tinta ini akan meresap pada kertas. Kemudian yang mendukung efisiensi waktu adalah tinta dye ini lebih cepat kering saat setelah proses printing dibandingkan tinta pigment.

  • Daya tahan terhadap cuaca dan cahaya / sinar UV sangat lemah untuk jenis tinta dye ini. Tinta dye cocok untuk penggunaan kertas foto karena mampur meresap pada kertas. Variant dari jenis tinta dye ini lebih banyak dibandingkan tinta pigment.

  • Jenis tinta dye ini lebih cocok digunakan untuk cetak gambar / foto dan menghasilkan print out yang bagus dengan warna cerah.

Keputusan jenis tinta tergantung pada Anda sebagai pengguna. Selalu sesuaikan jenis tinta dengan kebutuhan cetak Anda untuk perawatan printer yang lebih mudah dan awet. Perhatikan juga cara pemakaian printer karena berpengaruh mempercepat masa keausan head apabila terlalu diforsir.

Jangan segan-segan untuk konsultasi lebih lanjut kepada Refill Tinta Printer yang Terpercaya dan Terhandal. Have a nice day ^_^