Tips dan Informasi

Anda Harus Tau ! Mengatasi Error pada Cartridge Canon setelah di Refill

Pada artikel sebelumnya dijelaskan mengenai printer Canon yang dapat di isi ulang. Tentu saja alternatif mengisi ulang cartridge merupakan solusi terbaik untuk penghematan cetak mencetak. Sebenarnya sama sajaantara cartridge isi ulang dengan cartridge original. Hanya saja, cartridge setelah di isi ulang pada indikator tinta tidak dapat kembali penuh. Maka dari itu Printer canon setelah isi ulang sering kali mengalami blinking / error. Error tersebut terjadi karena indikator menunjukkan low. 

Berikut adalah ciri-ciri printer mengalami blinking/error setelah refill :

  1. Pada printer yang tidak ada monitornya seperti  IP 2770, IP 1880, IP 1980, TS 307, MP 237, E400 dll. Biasanya ciri error setelah refill, printer pada posisi nyala ketika digunakan untuk print tombol resume akan kedip-kedip berwarna orange sebanyak 13 atau 16 kali.
  2. Pada printer yang ada monitornya seperti MP 287, MP 145, MP 245, dll. Biasanya ciri error setelah refill, printer dalam kondisi ON ketika digunakan print dilayar monitor printer akan keluar tulisan E13 atau E16.
  3. Pada printer yang terdapat fitur fax seperti MX 497, MX 397, MX 377, MX 537, MX 420, dll. Biasanya ciri error setelah refill, printer dalam kondisi ON ketika digunakn print dilay monitor printer akan keluar tulisan 5B02.

Eittss… Untuk Anda pengguna printer canon tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Karena Error ini bisa diatasi. Nah bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa step untuk mengatasi Error setelah refill.

Pada saat pertama melakukan pengeprintan akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

Klik saja tombol, OK.

Kemudian bilamana muncul peringatan seperti dibawah ini:

Caranya :

  1. Jika printer Anda pixma IP 2770, IP 1880, IP19980 atau sejenisnya (printer yang hanya dapat digunakan print saja), tekantahan tombol “RESUME” yang terdapat dibawah tombol power selama kurang lebih5-10 detik.
  2. Jika printer Anda multifunction (print/scan/copy) tekan tombol “STOP/RESET” dan tahan sampai 5-10 detik. (apabila tetap tidak bisa tekan tombol copy black/copy colour dan stop/reset secara bersamaan)

Indikator tinta akan tetap menunjukkan kosong walaupun sudah direfill. Indikator tersebut bisa diabaikan saja masih tetap bisa digunakan untuk print. Kecuali jika diganti dengan cartridge original maka indikator bisa kembali penuh kembali.

Sekian informasi dari saya mengenai Cara mengatasi Error pada printer setelah di Refill. Jika ada kendala lain bisa langsung saja hubungi Custommer Service kami.

Semoga bermanfaat