Tips dan Informasi

Bingung Cari Printer ? Ketahui jenis printer terlebih dahulu

Seperti yang kita ketahui, printer adalah bagian dari perangkat komputer yang mampu menghasilkan dokumen/data dalam bentuk cetakan. Ada beberapa komponen dalam printer, salah satunya adalah Cartridge yang berfungsi untuk mencetak pola/dokumen pada media cetak. Hampir setiap perusahaan memiliki printer, dari printer yang standard hanya bisa untuk Print saja hingga beberapa fitur lain seperti Scan, Copy, Wifi, Fax dan Bluetooth. Fitur-fitur tersebut juga dirajai oleh beberapa merk printer antara lain HP, Canon, Epson, Xerox, Samsung, Brother dan lain sebagainya.

Ada 3 jenis printer yang mungkin sudah Anda ketahui, yaitu :

  1. Printer Inkjet
    • Jenis printer ini menggunakan Tinta sebagai penghasil cetaknya. Printer ini pun lebih sering dijumpai masyarakat karena harga yang terjangkau bisa mencetak hitam dan warna. Adapun jika tinta habis, bisa isi ulang tinta printer dan tidak harus beli Cartridge Original. Tetapi tetap pada dasarnya cartridge tidak untuk diisi ulang, namun isi ulang bertujuan untuk membantu penghematan dan cartrdige tidak bisa selamanya diisi ulang serta ada masanya cartridge tersebut rusak dan harus ganti baru.

  

  1. Printer Laserjet
    • Jenis printer ini menggunakan Toner / serbuk sebagai penghasil cetaknya. Printer ini lebih sering dijumpai pada usaha percetakan karena kemampuan dan kapasitas cetaknya yang banyak dan lebih cepat. Jika toner habis pun, bisa isi ulang toner printer. Ketahanan cartridge laserjet lebih lama dibandingkan dengan inkjet karena jika ada kerusakan tidak harus ganti cartridge, melainkan ganti sparepart cartridge yang rusak saja.

  1. Printer Dot Matric
    • Jenis printer ini menggunakan Pita. Printer ini biasanya digunakan untuk mencetak nota (Kasir). Dimana printer ini dapat mencetak dengan kertas rangkap. Jika habis juga bisa diisi ulang untuk pitanya dan harga isi ulang lebih terjangkau dibandingkan Inkjet maupu Laserjet.

Banyak pilihan masyarakat dalam menindaklanjuti tinta/toner habis, antara lain ; beli cartridge baru Original, beli cartridge baru tetapi Bukan Original, Refill Tinta Printer Refill Toner Printer ke Tempat isi ulang tinta dan toner, Refill tinta / toner sendiri.

Anda bisa menentukan pilihan Anda  mulai dari sekarang ! 

Kami punya solusi tepat untuk cartridge Anda Klik disini